CARA BIKIN KARAKTER KOMIK YANG MUDAH DIINGAT

Siapa bilang bikin karakter di komik itu susah? Asal tau ilmunya plus keseriusan kita dalam membuat karakter, maka membuat karakter komik itu semudah kita mengendarai motor matik. Tinggal masukin kunci kontak, starter, lalu gas! Mudah kan? Hehehe.

Lalu bagaimana cara membuat karakter komik? Dalam workshop Bikin Karakter Komik yang berlangsung pada Jumat (12/7) di Rumah Kreatif BUMN Semarang dan dipandu langsung oleh CEO Papillon Studio Semarang, Burhan Arif, setidaknya ada enam pendekatan dalam membuat karakter komik.



Langkah pertama adalah Pendekatan Siluet. Sebuah karakter komik yang kuat dapat dikenali hanya dari melihat garis siluetnya. Jadi hanya dengan melihat garis siluet, seseorang langsung dapat mengenali karakter komik tersebut. Contoh karakter tersebut, seperti Mickey Mouse, Batman, Doraemon dan sebagainya.

Tonton juga : Video lengkap "6 Tips Mudah Bikin Karakter Komik"

Kedua adalah pendekatan warna. Setiap karakter tentu memiliki warna tersendiri yang menjadi identitas. "Mr. Crab dalam kartun Spongebob identik dengan warna merah karena memang seperti itulah warna karakter asli kepiting," kata Burhan di hadapan peserta workshop.



Ketiga yakni cara berdiri atau postur atau disebut juga dengan gestur. Keempat berupa kostum dan atribut pendukung karakter, dan kelima yakni bagian tubuh yang unik pada karakter. Bagian tubuh yang unik ini, sebut Burhan, dapat kita lihat seperti pada jambul rambut Tintin, rambut Superman, kuping Batman, codet X-nya Kenshin di Samurai-X, topeng Darth Vader dan sebagainya.

Terakhir yakni membuat karakter yang sederhana. "Mayoritas karakter yang sukses mempunyai desain yang simpel. Desain yang simpel akan mudah diingat oleh pembaca atau penonton," jelasnya.




Setelah mendapatkan penjelasan dari Burhan, belasan peserta workshop yang datang dari berbagai daerah itu kemudian diajak membuat sebuah karakter komik sesuai dengan imajinasi masing-masing. Tampak beberapa peserta ada yang masih kebingungan dalam membuat sebuah karakter. Ada pula yang langsung lancar dalam membuat karakter lengkap dengan ornamennya.


Para peserta juga tidak sungkan ketika mereka menghadapi kesulitan dalam membuat karakter komik. Mereka dapat langsung menanyakannya kepada Burhan selaku pemandu workshop. "Setiap orang adalah karakter. Tapi tidak setiap orang memiliki karakter," tegasnya.



Salah satu peserta workshop, Erik Faiza dari Purwodadi, Grobogan, mengaku senang dengan workshop pembuatan karakter komik ini. "Saya mendapatkan banyak sekali ilmu terutama dalam penguatan karakter sebuah tokoh dalam komik," ujar komikus yang sudah menghasilkan karya komik di webtoon ini.

Nah itu tadi tips membuat karakter komik yang mudah diingat. Kamu bisa coba menggambar dengan cara manual mapun digital menggunakan pen tablet. Saat ini pen tablet murah sudah banyak di pasaran, selain pen tablet ada juga pen display yang memungkinkan kamu menggambar digital langsung di layar. 

Bagaimana? Sudah siap membuat karakter komikmu sendiri?
CARA BIKIN KARAKTER KOMIK YANG MUDAH DIINGAT CARA BIKIN KARAKTER KOMIK YANG MUDAH DIINGAT Reviewed by Farid Papillon Studio on Friday, July 12, 2019 Rating: 5

No comments