5 CARA MENGHASILKAN UANG DARI MENGGAMBAR KOMIK

Bagaimana cara menghasilkan uang dari komik? Biasanya pertanyaan ini datang dari komikus pemula atau orang tua yang anaknya memiliki minat dan bakat menggambar komik. Apakah bisa menghasilkan uang dari komik? Bagaimana caranya.

Ada beberapa cara menghasilkan uang dari menggambar komik yang bisa kamu coba. 5 diantaranya akan kami ulas dalam blogpost ini ya!

1. Menjadi Komikus Freelancer. Freelancer artinya pekerja lepas. Kita bekerjasama dengan klien yang membutuhkan gambar komik, sementara tempat dan waktu kerjanya kita sendiri yang menentukan asalkan bisa selesai sesuai tenggat deadline. Bagaimana mendapatkan pekerjaan sebagai komikus freelancer? Kita bisa mengirimkan portofolio ke penerbit. Banyak penerbit yang membutuhkan ilustrator freelancer. Selain itu kamu juga bisa memajang karya-karyamu di socmed atau deviant art. Dengan begitu orang-orang bisa melihat betapa kerennya karya kamu, dan kalau mereka membutuhkan ilustrator akan mengontak kamu.


devian art Papillon Studio

2. Menerbitkan komik di webtoon. Kalau kamu punya karya komik sendiri, coba deh terbitkan di platform komik online, misalnya Line Webtoon. Jika karya kamu bisa terbit di official platform mereka, tentu akan mendapatkan bayaran. Bagaimana cara menerbitkan komik di webtoon? Tiap platform tentu punya kebijakan masing-masing. Kamu pelajari syarat dan ketentuannya, sebelum mengirim ya. Bisa juga dengan membaca karya-karya yang sudah terbit di sana sebagai referensi. Contohnya komik Singbahurekso dari Papillon studio yang terbit official di Line Webtoon.


Komik SIngbahurekso dari Papillon Studio

3. Menerbitkan komik cetak. Meski sekarang eranya internet, banyak orang membaca komik lewat platform komik online, ternyata komik cetak juga masih banyak peminatnya lho. Kamu bisa menerbitkan komik lewat penerbit seperti Gramedia, Gradien, Tiga Serangkai, dll. Sekarang lebih mudah mengontak editor buku untuk menawarkan naskah. Kamu bisa mencoba menghubungi penerbit atau editor penerbit lewat email atau social media yang mereka miliki. Dengan menerbitkan buku, kamu akan mendapatkan royalti dari setiap buku yang terjual. Beberapa genre komik yang katanya sangat laris adalah komik anak Islami, komik horor, dan komik slice of life. Atau bisa juga menerbitkan komik secara mandiri tanpa melalui jasa penerbit. Jaman sekarang, mencetak buku bisa dilakukan oleh siapapun. Ngga harus langsung mencetak ribuan eksemplar, ada percetakan yang menerapkan sistem POD alias print of demand. Tentu saja, ada kelebihan maupun kekurangan, menerbitkan lewat penerbit atau jalur mandiri. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan ya!

Komik Mak Irits cetak

Baca juga: Menerbitkan Komik Karya Anak di Penerbit Muffin Graphics

4. Endorser Media Sosial. Hari ginii kamu pasti punya dong media sosial. Kenapa tidak publish karya-karyamu di sana. Kamu bisa bikin social media khusus untuk komik yang kamu miliki. Banyak lho akun socmed komik yang menerima endorse produk maupun jasa. Semakin banyak follower dan engagement, semakin tinggi nilai jual komikmu sebagai influencer. Oya jangan lupa follow instagram Papillon Comics, Komik Mak Irits, dan Singbahurekso ya!

5. Bergabung dengan Platform Apresiasi Kreator. Misalnya Karya Karsa atau Trakteer. Dengan bergabung, kita bisa mendapatkan dukungan langsung dari fans, follower dan komunitas melalui metoda tipping atau berlangganan bulanan. Jadi kita bisa menerbitkan komik di sana, bagi yang mau baca, harus membayar sejumlah nominal yang sudah kita tentukan.

Baca juga: komik Mak Irits di Karya Karsa.

Nah itu tadi 5 cara menghasilkan uang lewat komik yang bisa kamu coba. Jika mau menjadi komikus profesional persiapkan juga sarana prasarananya. Salah satu perlengkapan wajib ilustrator yang minpaps sarankan adalah pen tablet. Dengan pen tablet kamu bisa menggambar dan mewarnai secara digital. Lebih praktis!

Papillon Store menjual pen tablet wacom dan pen tablet huion murah. Harga pen tablet di bawah satu juta ada lho! Murah banget kan. Bisa kamu beli secara langsung di Papillon Toko Pen Tablet Semarang atau beli secara online di Papillon Toko Pen Tablet Shopee dan Tokopedia ya!

Bagi kamu yang ingin membeli buku komik, papillon komik shop jual buku anak islam dengan berbagai genre. Ada komik genre komedi, komik genre aksi pahlawan superkomik genre edukasi sejarah islam, hingga komik pahlawan islami. Toko komik papillon adalah pusat jual komik anak muslim di Semarang, melayani pembelian komik Sumatera, komik Aceh, komik Lombok, komik Semarang, komik Jakarta, atau komik Kalimantan, dan seluruh Indonesia.


Penulis: Rahmi Aziza
5 CARA MENGHASILKAN UANG DARI MENGGAMBAR KOMIK 5 CARA MENGHASILKAN UANG DARI MENGGAMBAR KOMIK Reviewed by Rahmi Aziza on Saturday, February 22, 2020 Rating: 5

1 comment